Kamis, 12 Mei 2016

Baju Muslim dan Perekat Identitas

Baju Muslim dan Perekat Identitas

Bagi orang-orang yang beragama Islam, baju muslim bukan hanya berfungsi sebagai benda untuk menutup aurat. Lebih dari itu, baju semacam itu merupakan sebuah cara untuk menunjukkan bahwa penggunanya adalah benar-benar seorang muslim. Dengan kata lain, baju yang khusus didesain untuk pemeluk agama Islam pada hakikatnya memiliki nilai, yakni untuk menunjukkan sekaligus menegaskan identitas pemakainya. Lebih jauh lagi, harga baju muslim modern bisa beragam dan sangat tergantung pada jenis serta tipe pakaian yang tersedia di pasaran. Baju tipe gamis, misalnya, bisa berbeda-beda harganya, tergantung merk, bahan yang digunakan, serta kualitas produk. Karena itulah orang yang ingin membeli baju semacam itu dituntut untuk selalu peka dan jeli terhadap berbagai pilihan yang ada.

Kenyamanan merupakan nilai utama yang selalu dikejar para pemburu busana, tidak terkecuali mereka yang mencari baju muslim untuk dipakai pada hari raya, maupun untuk kepentingan lainnya. Pilihlah model busana yang sesuai dengan bentuk tubuh pemakainya. Misalnya: bila tubuh pengguna gemuk, maka hendaknya dia memilih busana berwarna gelap yang sanggup menyamarkan bentuk tubuh. Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah model busana yang ingin dipakai. Busana muslim perempuan tentu berbeda dengan busana muslim laki-laki.  Untuk perempuan, busana bukan hanya soal memilih pakaian bagian atas dan bawah, melainkan juga bagaimana memilih penutup kepala yang sesuai.

Baju muslim dan jilbab untuk perempuan hendaknya dipilih sesuai syariat agama. Untuk jilbab, sebaiknya dipilih bentuk yang menutupi seluruh bagian leher serta kepala. Seorang perempuan juga bisa menambahkan aksesoris di atas jilbab untuk mempercantik penampilan. Selain itu, pilihlah jilbab yang sepadan dengan pakaian yang akan dikenakan, baik itu motif, warna, maupun modelnya. Ada banyak tempat jual baju muslim terbaru, namun seorang yang sedang memilih busana yang pas hendaknya mempertimbangkan juga beberapa hal seperti suasana acara yang akan dihadiri. Acara formal, semi-formal, maupun kasual, busana muslim yang dipilih hendaknya sesuai dengan konteks acara yang ingin didatangi. Khusus untuk perempuan, sebaiknya memilih produk jual baju muslim yang agak longgar, yang sanggup menyamarkan bentuk tubuh pemakainya.

Kebanyakan orang mungkin akan dengan sembarangan memilih busana muslim, selama itu enak dikenakan dan sanggup memberikan kebabasan pada pemakainya. Meski demikian, pada hakikatnya busana muslim adalah perekat identitas, yang dikenakan tidak hanya untuk melindungi kulit tubuh melainkan juga untuk menegaskan identitas pemakainya sebagai seorang muslim.

Busana muslim saat ini berkembang begitu pesat, dan orang bisa menemukan banyak model seperti batik muslim, misalnya, yang tentu saja menjadi pilihan menarik untuk dipertimbangkan. Dengan demikian, baju muslim bukanlah sebuah pilihan yang bisa dilupakan begitu saja. Busana semacam itu adalah kewajiban bagi siapapun yang ingin menunjukkan dirinya sebagai seorang muslim taat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar